Internet Di Indonesia Akan Menjadi Paling Cepat Di Dunia Tahun 2013





Wimax (Worldwide Inteoperability for Microwave Access) merupakan sebuah teknologi internet tanpa kabel yang berbasis IP. Wimax mampu bekerja layaknya koneksi WiFi namun dengan jangkauan yang lebih luas. Jika koneksi WiFi hanya mampu memancarkan sinyal dalam radius sampai 100 meter, Wimax dengan basis selulernya mampu memancar hingga 50 km (bayangkan saja). Teknologi ini nantinya akan diterapkan yang ditujukan untuk kebutuhan personal yang mobilitasnya rendah. Wimax memang jauh lebih cepat dibanding 3G dengan kecepatan maksimal bisa mencapai 74 Mbps, namun kurang bisa mobile.

Sedangkan untuk jaringan 3G, saat ini pemerintah bekerjasama dengan operator tengah memaksimalkan jangkauan dan kualitas. Saat ini meskipun tanda sinyal sudah 3G karena koneksi tidak stabil, seringkali berubah ke EDGE/GPRS. Itulah sebenarnya yang membuat koneksi internet di Indonesia lambat. Pemaksimalan penggunaan 3G terus ditingkatkan, masalahnya saat ini operator seluler baru menggunakan sekitar 50 MHz dari 60 MHz yang disediakan, itu pun belum seluruh kota bisa dijangkau.

Jika proyek Wimax dan 3G ini lancar, Menkominfo Tifatul Sembiring memastikan koneksi inetrnet di Indonesia akan secepat di korea.

Indonesia memang sedikit tertinggal dalam penerapan Wimax dan 3G, dibanding negara lain seperti korea dan jepang yang sudah terlebih dsahulu menggunakan teknologi WiMax dan 3G. Bahkan negara-negara tersebut menetapkan frekuensi 4,9 GHz untuk wimax, sedang di Indonesia rencananya akan dialokasikan sebesar 2,1 GHz itupun akan dibagi ke 5 operator seluler. Pengembangan teknologi wimax ini akan segera dimulai dan direncanakan tahun 2013 paling tidak sudah mencakup kota-kota besar di Indonesia.

8 komentar:

  1. amiiiin, ane juga senang kalo beneran jadi :D

    BalasHapus
  2. Saya rasa itu belum akan terjadi gan, soalnya fasilitas 3G saja masih banyak yang belum menggunakannya, dan diindonesia lebih banyak bayar ketimbang akses yang didapat.
    Coba diluar negri, internet sudah gratis dengan kecepatan yang oke, tapi diindonesia sendiri bayar tapi kecepatan masih di bawah standar.

    BalasHapus
  3. iya sih, tpi kita liat aj nnti, semoga aj benar :D

    BalasHapus
  4. okedeh, saya tunggu semoga berhasil...
    makasih infonya mas bro. !

    BalasHapus
  5. iya gan, sama-sama :D
    mkasih atas kunjungan dan komentar nya :)

    BalasHapus
  6. Semoga aja yaaa....
    kunjungan balik gann [-]syakur-xp.blogspot.com
    Klik Disini..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...