PS 4 Ketinggalan Jaman?



Playstation 4, Konsol yang telah lama ditunggu-tunggu dan mendapat perhatian dari jutaan manusia diseluruh dunia. Sejak perkenalan playstation 4 pada tanggal 21 Februari 2013 lalu, viewer pada video dari live streaming PS4 tersebut sudah ditonton oleh sebanyak 27,5 juta viewer. Hal ini tentu saja menggambarkan bahwa betapa antusiasnya masyarakat menunggu kehadiran dari Playstation 4 tersebut. Bukti lain dari antusiasnya masyarakat akan konsol Next gen ini terbukti dari membludaknya angka pemesananplaystation tersebut.
  Playstation 4 ini dari retail game terbesar di Amerika yaitu Gamestop sebanyak 600 ribu unit! Lain halnya dengan kita, ternyata ada sebuah perusahaan yang mengejek kualitas PS4 yaitu Nvidia.



NVidia sebagai perusahaan yang selama ini dikenal dengan perusahaan penyedia kartu grafis PC atau komputer, menyatakan pendapat yang berbeda tentang konsol buatan Sony ini.  Bukannya memberikan tanggapan positif atau dukungan kepada konsol Next Gen ini, tetapi Nvidia malah memberikan hinaan terhadap konsol PS 4 tersebut. NVidia mengatakan bahwa konsol Gaming Next Gen besutan Sony tersebut adalah "Konsol gaming yang sudah kadaluarsa dan ketinggalan jaman dari sisi kekuatan grafis hardwarenya". Kenapa bisa begitu? Padahal jika kita lihat pada perhelatan Playstation Coversation yang digelar 21 Februari lalu memperlihatkan bahwa Playstation 4 dapat memberikan grafis yang nyata.
Berbeda dengan pendapat kebanyakan orang, ternyata spesifikasi PS4 yang super canggih tersebut malah diremehkan oleh Nvdia. Nvidia mengungkapkan bahwa spesifikasi PS4 telah ketinggalan zaman. Sekalipun konsol game PlayStation generasi keempat belum dirilis di akhir 2013, menurut raksasa produsen graphics processing units (GPU) ini, PS4 tetap mengusung hardware yang "expired". Senior Vice President Nvidia, Tony Tamasiberbicara kepada TechRadar, mengungkap spesifikasi PS4 berada di lingkungan CPU low-end. "Dibandingkan dengan PC, spesifikasi PS4 berada di lingkungan CPU low-end dan sisi GPU di kelas rendah hingga menengah," kata Tony. Lebih lanjut ia mengatakan, apabila PS4 dikapalkan di Desember seperti yang diharapkan Sony, namun tetap spesifikasi grafis (GPU) yang ditawarkan masih di bawah seri kartu grafis GTX680 (berdasarkan GFLOPS dan tekstur), maka PS4 akan ada di ambang kehancuran.

Mengenai ejekan dari NVidia yang terbilang sangat berani ini, ternyata setelah diusut, banyak media memberitakan bahwa ejekan ini merupakan kekesalan dari NVidia karena Sony lebih memilih Radeon ketimbang perusahaan mereka. Kartu Grafis terbaru NVidia yaitu GTX680  dinilai lebih memberikan performa tinggi ketimbang Radeon yang dipasang pada PS4 saat ini. Seperti diketahui, GPU GTX680 ini telah diluncurkan pada Maret 2012 atau sekira satu tahun lalu. 
 
Jika memang Nvidia lebih mempunyai kartu grafis yang lebih hebat daripada milik Radeon? Mengapa Nvidia dari awal tidak ikut project pengembangan PS4? Apa mereka marah karena tidak dipilih oleh Sony? ntah lah -.-

3 komentar:

  1. wah..baru tau nih berita kyk gini nih..gan..thx4share

    BalasHapus
  2. sip gan :D
    mkasih juga udh berkunjung dan memberikan komentar :D

    BalasHapus
  3. nvidia cuma iri karena ga' dipilih sony bwt jadi GPU utama ps4 -__-
    ps4 ga mau milih nVidia gra2 biaya yang mahal. NVidia = Tamak / Greedy

    AMD FTW!!!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...