Facebook Meluncurkan Fitur Pencarian "Graph Search"



Akhirnya Facebook meluncurkan mesin pencari internet buatan mereka sendiri. Seperti apa ya mesin pencari nya?

Seperti yang dikutip dari Bits,CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memperkenalkan sebuah fitur baru yang membantu para penggunanya untuk mencari orang maupun tempat di situs jejaring sosial tersebut.

Ketika mempresentasikan fitur terbaru Facebook tersebut di kantor pusatnya, Zuckerberg memperkenalkan "graph search", yang mana memungkinkan para pengguna facebook untuk mencari konten yang sebelumnya pernah di-share kepada mereka.

Fitur "graph search" yang kini masih dirilis dalam format beta tersebut masih terbatas untuk beberapa pengguna saja.

"Graph search memungkinkan pengguna untuk mencari konten berdasarkan pada foto, orang, tempat dan minat para pengguna Facebook lainnya," kata Zuckerberg.

Selain itu, Zuckerberg juga berjanji akan menaikkan level dari pencarian situs tersebut.



Cara menikmati fitur tersebut cukup mudah. Para Facebooker tinggal mengetikkan kalimat di box yang telah disediakan.

Misalnya, jika Anda sedang pergi ke sebuah kota dan ingin mengetahui tempat makan apa yang teman-teman anda sudah kunjungi di sana sebagai bahan rujukan, tinggal ketikkan "Restaurant in London my friends have been to".

Bisa juga jika anda penasaran dengan musik yang disukai teman facebook anda, ketik saja "Music my friend like". Pencarian ini juga berlaku jika ingin melihat foto dengan tema tertentu, contohnya foto yang diambil sahabat anda di suatu tempat misalnya.

Facebook akan mencocokkan kalimat pencarian itu dengan database yang mereka miliki. Konten apa yang sudah di like teman Anda atau lokasi di mana mereka check in.

"Graph Search, adalah cara yang benar-benar baru untuk mendapatkan informasi di Facebook," terang Mark Zuckerberg seperti dikutip dari NYTimes. 
 
Namun Mark Zuckerberg menegaskan bahwa fitur barunya ini bukanlah web search. Hasil pencarian yang muncul hanyalah informasi yang dishare oleh teman-teman Facebook Anda.

Sejauh ini, hanya pengguna dalam jumlah terbatas saja yang sudah bisa mencobanya, sebelum akhirnya nanti akan dirilis untuk keseluruhan pengguna.

Bagi anda yang ingin mencoba nya klik LINK ini.

4 komentar:

  1. Keren ya , facebook selalu berinovasi dengan memberikan hal yang baru bagi pengguna ny , makasih info nya

    BalasHapus
  2. iya facebook semakin maju dgn fitur2 nya :D
    iya sob, mkasih juga atas kunjungan dan komentar nya :)

    BalasHapus
  3. widih facebook makin asik aja nh thanks yo infonya kunjungan baliknya yo serta follback udah saya follow tuh www.naufalthedarkness.blogspot.com

    BalasHapus
  4. iya nih. ok gan, ntar d follback :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...