Google Ciptakan Kacamata Terminator



Perusahaan internet, Google, tampaknya tidak akan berhenti menyajikan kejutan-kejutan baru. Salah satu kejutan terbaru Google yang tengah ramai dibicarakan di dunia maya adalah isu mengenai rencana Google untuk mengembangkan sebuah gadget berbentuk kacamata layaknya kacamata canggih yang dikenakan aktor Arnold Schwarzenegger pada film Terminator. Informasi mengejutkan ini didapatkan dari seorang sumber internal Google yang menolak untuk disebutkan namanya. Sumber tersebut mengatakan ide dari pengembangan gadget berbentuk kacamata canggih ini berasal dari penerapan teknologi augmented reality yang kini tengah mendapat perhatian besar dari para praktisi teknologi informasi.

Augmented reality sendiri merupakan teknologi paling mutakhir saat ini yang mengkombinasikan objek virtual tiga dimensi menjadi sebuah objek nyata tiga dimensi dengan didukung oleh beberapa elemen masukan berupa sensor komputer seperti audio, video, grafik, dan data GPS. Teknologi inilah yang akan ditanamkan pada kacamata pintar yang kini tengah dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi ini, pengguna nantinya akan disuguhkan dengan tampilan unik terkait dengan lingkungan sekitarnya seperti informasi-informasi penting mengenai lingkungan tempat pengguna tersebut berada yang disediakan langsung oleh sistem informasi geografis milik Google. Gadget ini diperkirakan akan melampaui kelebihan pada smartphone khususnya dalam hal display. Dengan demikian, pengguna kacamata ini akan merasakan sensasi display dengan teknologi augmented reality seperti layaknya pada film Terminator.



Meskipun begitu, penciptaan kacamata ini tidak dimaksudkan sebagai pelengkap perangkat android melainkan ditujukan untuk berkomunikasi secara langsung dengan layanan cloud melalui internet protocol (IP). Adapun mengenai detail teknis mengenai komponen pendukung dan spesifikasi lain dari kacamata ini belum dapat dipastikan. Hal ini dikarenakan proyek prestisius ini, menurut sumber internal tersebut, merupakan salah satu dari sekian banyak proyek rahasia Google. Menurut sumber tersebut, kumpulan proyek rahasia tersebut umumnya terkait dengan ambisi Google untuk merealisasikan teknologi-teknologi inovatif yang hadir pada film-film fiksi ilmiah.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...