Pengertian Blackhat SEO Dan Whitehat SEO



Dalam dunia blog, optimasi website atau blog kita perlu belajar banyak tentang SEO.tapi untuk bisa menjadi peringkat 1 di serp bukanlah hal yang  mudah. Banyak sekali cara yang di pakai,terutama dalam hal SEO blog kita.
Kalau bicara tentang SEO, SEO tidak akan pernah ada habisnya untuk di bahas.menurut webmaster dan master seo, ada 2 macam jenis SEO yang biasa di gunakan para webmaster untuk optimasi website atau blog yaitu:

SEO Blackhat dan SEO Whitehat.
Berikut pengertianya masing-masing:

1. Teknik SEO Blackhat.


suatu teknik yang di pergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi website atau blognya dengan cara ilegal atau melanggar peraturan (TOS)yang di tetapkan search engine seperti google,inti nya melalui jalan pintas.
Dengan menggunakan teknik SEO blackhat ini blog kita akan lebih cepat dan singkat mendapat posisi pertama di serp dari pada kita menggunakan SEO Whitehat,namun resiko yang kita tanggung juga sangat tinggi jika ketahuan oleh search engine apabila kita menggunakan teknik ini yaitu blog kita bisa terpeleset jauh kebawah hasil pencarian di serp dan mengakibatkan penurunan trafik pengunjung secara drastis bahkan tidak ada pengunjung sama sekali.
Selain itu,yang terparah di hapus blog kita di serp dan di tutupnya akun blog kita.
Ada beberapa yang saya ketahui teknik SEO Blackhat, Yaitu:

  • Keyword Stuffing
Keyword Stuffing adalah sebuah blog yang memiliki konten/artikel yang mengunakan sebuah judul dan isi artikel sebagai kata kunci yang penulisannya di ulang-ulang atau sangat berlebihan yaitu dengan menembak keyword secara massal sehingga blog tersebut lebih cepat tercrawl search engine.

  • Link Farming.
Yaitu teknik SEO Blackhat dengan cara mengoptimasi blog yang berisi hanya kumpulan banyak link saja dalam satu halaman blog,
link dalam satu halaman blog tersebut bisa terdiri dari puluhan bahkan sampai ratusan link.

  • Cloaking halaman blog.
Cloaking halaman adalah teknik mencari cari untuk membuat sebuah halaman blog berupa konten atau artikel agar terus dilihat atau terus dikunjungi.
Teknik seperti ini bisa dilakukan di blog kita ataupun di blog orang
lain dengan cara menyisipkan sebuah kode bisa javascript
yang fungsinya adalah pemanggilan untuk sebuah halaman yang ingin dioptimasi,Cara sederhana dengan mengunakan pop up.
Untuk pop up sendiri ada 2 jenis yaitu:
pop up yang terlihat dan ada pop up yang tidak terlihat. Dan Pop up
sendiri adalah sebuah teknik terbuka sendirinya sebuah halaman web yang tidak ingin kita kunjungi terbuka di jendela baru. Jadi mau tidak mau ya tetap terbuka halaman web lain meskipun tidak kita klik.


  • Menyembunyikan kata kunci

Menyembunyikan kata kunci atau di kenal dengan hidden keyword adalah teknik menyembunyikan kata kunci atau sebuah keyword di dalam blog yang kata tersebut tidak akan tampak secara kasat mata.
Untuk memakai teknik ini, silahkan login ke Blog kalian,lalu klik> rancangan trus menuju menu tata letak terus klik> edit HTML>centang expand widget templates.

Masukkan tag HTML berikut ini diatas tag
atau diatas ]]>:
keywordku{
float: left;
margin: - 4500px;
padding: -3000px;
}



keyword


ubah alamat http://www.yourblog.blogspot.com dengan alamat Blog kalian, lalu masukkan kata kunci yang akan dioptimasi, kemudian ubah
margin dan padding sesuai template yang anda gunakan,
usahakan nanti setelah disave, frase keywordnya tidak nampak.


  • Iteration Title atau pengulangan judul.

Iteration Title adalah teknik mengulang sebuah judul dalam dalam postingan yang isi
postingan nya cuma perulangan dari judul tersebut. Cara melakukannya hanya membuat postingan, misal judulnya Teknik SEO Onpage lalu
isinya cuma pengulangan dari judul tersebut yaitu Teknik SEO Onpage,tidak usah ditambah tulisan lagi cukup hanya itu saja
sudah cukup. Biasanya teknik seperti ini berlaku untuk keyword baru
yang ada di search google atau baru muncul di google.

  • Masih banyak teknik SEO Blackhat yang menggunakan software, yaitu dengan menggunakan software bernama autobot blogging dan penyebar URL website atau blog di forum - forum secara otomatis,Cepat dan mudah untuk SEO Blackhat,namun resiko yang kita tanggung luar biasa merugikan.

NB:Resiko di tanggung penumpang bila memakai cara optimasi diatas.


2. Teknik SEO Whitehat.


SEO Whitehat adalah teknik optimasi yang di pergunakan oleh seorang webmaster dengan cara legal, resmi dan tidak melanggar sebuah TOS yang di tetapkan oleh search engine.
Teknik ini selain bertujuan bisa mendapat peringkat pertama di serp juga dapat untuk menaikkan page rank website atau blog kita di mata google,namun optimasi menggunakan teknik ini membutuhkan
waktu lama untuk mencapainya,namun lebih aman dan bebas resiko penalty dari search engine google.

Dan ini teknik beberapa teknik SEO Whitehat.


  • Buat artikel dan konten original.
Blog dengan isi dan konten original sangat di sukai search engine google,karena robot google tidak suka duplikat konten apalagi artikel dan konten hasil copas karena akan menjatuhkan nama kalian di mata blogger dan search engine.
  • Rajin update blog.
Untuk yang satu ini memang sudah menjadi kewajiban seorang blogger,untuk update bisa di lakukan minimal 3 hari sekali,dengan sering mengupdate blog kita,apalagi informasi yang kita sajikan bermanfaat bagi pengunjung,sehingga membuat betah pengunjung membolak-balik halaman blog kita. Dengan begitu robot google lebih sering mampir ke blog kita sehingga ramah terhadap search engine.ujung ujung nya blog kita akan naik traffik pengunjungnya,dengan begitu blog kita akan semakin berpeluang mendapat pagerank.
Ping blog berguna untuk memberi tahu search engine dan directory nya tentang blog kita kalau sudah kita update,lakukan setiap kali kita memposting artikel baru agar robot search engine cepat mengcrawl halaman blog kita sehingga cepat terindex search engine.
  • SEO Onpage dan Offpage Whitehat. Onpage Yaitu optimasi dari dalam dalam blog kita.Offpage yaitu teknik optimasi dari luar blog kita.
  • Berdoa.Karena usaha tanpa di sertai doa tidak akan maksimal untuk mencapai target.

Tambahan:

Dalam optimasi teknik SEO Whitehat maupun Blackhat juga tidak lepas dari teknik SEO Onpage dan SEO Offpage,semua teknik tersebut saling berberkaitan dan berhubungan.

Dan berikut pengertian singkat tentang teknik SEO Onpage maupun Offpage.

1. SEO Onpage merupakan teknik optimasi melalui dalam blog yang meliputi judul,meta tag, meta deskripsi,template,script seo dan lain-lain,sedangkan

2. SEO Offpage merupakan teknik optimasi yang dilakukan melalui luar blog kita meliputi tukar link sesama blogger,mencari backlink,blog walking,koment di blog lain guna meninggalkan URL blog kita,mengiklan di iklan baris dan lain-lain.

Dan kedua teknik optimasi baik Onpage maupun Offpage juga dapat diterapkan menjadi Onpage Blackhat maupun Offpage Blackhat.

5 komentar:

  1. Wah, keren nih sob infonya.,
    Jadi tau dah saya apa itu blackhat SEO & Whitehat SEO.,
    Thanks ya.,

    BalasHapus
  2. nice gan infonya.mampir yah
    blog-fachrul.blogspot.com

    BalasHapus
  3. @rengga : makasih sob :D

    @bisnis online : iya gan, semoga bermanfaat :)

    @fachrul : makasih gan :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...