Cara Mengetahui Windows 32-bit dan 64-bit





Windows telah merilis berbagai versi untuk menyesuaikan diri dengan pesatnya perkembangan dunia Hardware , hal ini tentu agar sistem operasi dapat menangani kinerja hardware tersebut. Dulu, RAM 1 GB sudah termasuk besar dan sudah bisa ditangani dengan baik oleh windows xp 32bit, tetapi sekarang RAM 8 GB sudah dengan sangat mudah dan murah untuk didapat. Dengan komposisi RAM seperti itu , jelas tidak akan bisa terbaca dengan baik oleh windows 32-bit  versi apapun, dan tentunya dibutuhkan windows versi 64-bit agar RAM sebesar itu bisa terdeteksi dengan baik. Sekarang bagaimana Cara Membedakan Windows 32-bit  deengan 64-bit  ?

Bit komputer menentukan seberapa banyak data dapat diproses, Di sistem operasi Windows XP, 32-bit dan 64-bit adalah yang paling sering digunakan. Semakin tinggi hitungan bit yang digunakan, maka semakin cepat komputer dapat memproses data. Penting juga untuk mengetahui apakah komputer menggunakan system 32-bit atau 64-bit, sehingga ketika Anda menginstal program, aplikasi dan driver, maka Anda akan merasa pasti bahwa apa yang di-instal kompatibel dengan versi Windows Anda.
Cara mengetahui bit system operasi yang digunakan :
Menggunakan System Properties
  1. Klik menu “Start” Windows dan klik “Run” dan akan muncul command box. Ketikkan “sysdm.cpl” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul dialog box System Properties.
  2. Klik tab “General”. Anda akan melihat informasi mengenai system operasi Anda. Jika Anda memiliki komputer yang berjalan di system 64-bit, maka Anda akan melihat tulisan “Windows XP Professional x64 Edition Version” di bawah “System“. Jika komputer berjalan di system 32-bit, maka Anda hanya akan melihat “Windows XP” (home or professional) di bawah “System” .
  3. Tutup dialog box “System Properties“.
Menggunakan jendela System Information
  1. Klik menu “Start” Windows, klik “Run” untuk launching command box.
  2. Ketik “winmsd.exe” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter hingga muncul jendela System Information
  3. Klik “System Summary” di panel navigasi dan lokasikan “Processor” di bawah “Item” di detailnya.
  4. Jika value processor mulai dengan x86, maka komputer Anda berjalan dengan  versi 32-bit JIka value processor mulai dengan  ia64 atau AMD64, maka komputer Anda berjalan di system Windows 64-bit.
  5. Tutup jendela System Information.

2 komentar:

  1. ane datang berkunjung gan...

    ᚚ Republic Of Note ášš

    BalasHapus
  2. iya gan, silahkan :D
    mkasih atas kunjungan dan komentar nya :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...